Di dalam pendidikan tingkat smp/mts, sma/ma ujian akhir nasional( UAN ) semua siswa/siswi takut untuk menghadapai soal-soal. karena lemahnya mental dan intelektual untuk memiliki tekad giat belajar. sebenarnya banyak trik untuk belajar menghadapi soal-soal ujian, diantaranya siswa/siswi yang memiliki biaya lebih besar minatnya untuk cursus tetapi bagi siswa/siswi dapat belajar individu atau kelompok dengan sering-sering menyelesaikan soal-soal. jadi banyak soal-soal yang perlu diselesaikan dari soal-soal UAN tahun sebelumnya. disini saya mempunyai soal-soal tahun kemarin, yang mudah-mudahan bermanfaat bagi temn-temen.
UJIAN NASIONAL 2003
1. bekerja keras dapat menjadi obat bagi yang sedih. Orang yang bekerja dengan sungguh-sungguh, serius, dan cermat biasanya akan melupakan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang sedang ditekuninya. Oleh karena itu, rasa pesimis, sedih, dan sejenisnya akan hilang pada saat kita kerja keras. Sebagai gantinya akan timbul rasa optimis serta semangat hidup.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ……
a. orang yang bekerja dengan serius
b. bekerja menghilangkan rasa pesimis
c. bekerja dapat menjadi obat
d. rasa optimis timbul melalui pekerjaan
e. suka dan duka dalam pekerjaan
2. Kalimat berisi penjelasan grafik di atas yang tepat adalah …..
a. Jumlah tenaga kerja lulusan SD sebanding dengan jumlah tenaga kerja lulusan SLTP
b. Jumlah tenaga kerja lulusan SMU lebih sedikit dari pada jumlah tenaga kerja lulusan SLTP
c. Jumlah tenaga kerja lulusan diploma lebih banyak daripada jumlah tenaga kerja lulusan SLTP
d. Jumlah tenaga kerja lulusan perguruan tinggi lebih banyak dari pada jumlah tenaga kerja lulusan diploma
e. Jumlah tenaga kerja lulusan perguruan tinggi paling sedikit dibanding lulusan tingkat pendidikan yang lain
3. Chairil Anwar mempunyai rasa bahasa yang luar biasa untuk memberikan makna pada kosa kata baru Indonesia. Ini bisa dilihat dalam sajak-sajaknya. Dalam penulisan puisi dia sangat profesional. Teknik penulisan sajaknya unggul betul. Dia bisa melepaskan bahasa dari kekuasaan kaum guru. Bukankah guru menuntut tulisan sesuai dengan tata bahasa? Chairil tidak acuh pada aturan itu. Buat dia, bahasa adalah alat untuk mengutarakan sesuatu. Jadi kala perlu, kita bengkokkan bahasa ini untuk menjelaskan apa yang ingin kita utarakan.
Kalimat tanya yang tepat berkaitan dengan uraian di atas adalah ….
a. Siapa sajakah yang menulis puisi seperti Cahiril?
b. Apakah tidak salah bila kita menulis puisi dengan bahasa yang dibengkokkan?
c. Bagaimana Chairil menemukan kosakata baru Indonesia?
d. Mengapa puisi Chairil disukai pembaca?
e. Bagaimana Chairil menulis puisi sehingga puisinya unggul?.
4. Paragraf 1
Dalam layanan premuium call, operator menjadi kunci sukses bisnis ini. Sebab kemampuan operator meladeni obrolan penelepon sangat menentukan lama tidaknya penelelpon nyangkut di layanan ini. Semakin penelepon merasa cocok semakin lama pula ngobrolnya. Praktis pulsa akan terus meningkat.
Paragraf 2
Premium call pada awalnya disediakan bagi pusat-pusat informasi bersifat konsultatif, misalnya perbankan, bisnis hiburan, info saham, dsb. Masyarakat dapat kemudahan menghubunginya dan pelanggan premium call dapat menetapkan sejumlah tarif tambahan yang ditagih bersamaan tagihan telepon oleh telkom. Pada perkembangan berikutnya layanan ini menjadi sarana untuk berdialog dengan sebutan party line.
Titik pandang kedua paragraf di atas berisi tentang ….
a. Penggunaan premium call akan menambah beban pembayaran pulsa
b. Peranan operator dalam meladeni obrolan melalui premium call.
c. Premium call akan menemukan kecocokan dalam menelpon
d. Penelepon akan mudah menghubungi seseorang dengan tarif pulsa relatif murah
e. Premium call menyediakan informasi yang bersifat konsumtif.
5. 1) Lain benalu lain pula cendana. 2) Kalau benalu di anggap bukan tanaman bergahrga, lain cerita dengan pohon yang bernama santalun album atau cendana. 3) kalau berbau harum ini termasuk komoditi agak bernilai tinggi. 4) Jelas harganya mahal. 5) Sayangnta, populasinya makin menipis karena para penangkar mengalami kesulitan mengembangkanya. 6) Biji cendana sulit tumbuh. 7) Meski bijinya mudah berkevambah, cendana muda mudah mati.
Kalimat fakta dalam paragraf di atas terdapat pada nomor ….
a. 1 dan 3 b. 3 dan 5 c. 4 dan 6 d. 5 dan 6 e. 5 dan 7
6. Tajuk Rencana
Sebaliknya, dewan yang sudah menyetujui dana tambahan bagi TNI dan POLRI harus dapat mengawasi penggunaannya dengan benar. Sebagai institusi pengawasan, parlemen harus dapat mengontrol penggunaan dana yang dialokasikan pemerintah.
Jangan sampai, misalnya, dana tambahan Rp 1 triliunan itu merupakan hasil mark up. Kemana saja dan untuk apa dana tersebut, DPR harus mengontrol.
Pandangan redaksi dalam tajuk rencana tersebut adalah ….
a. Pemberian dana tambahan Rp 1 triliun kepada TNI dan POLRI adalah wajar, namun DPR harus mengontrol penggunaan dana tersebut.
b. Tambahan dana Rp 1 triliun bagi TNI dan POLRI adalah yang sembrono, karena APBN sangat terbatas dan keperluan sangat banyak.
c. Negara sedang mengalami masa sulit, sehingga semua unsur penerima APBN harus hemat. Oleh karena itu, TNI dan POLRI tidak perlu menerima tambahan dana.
d. TNI dan POLRI harus pandai dan rasional dalam menggunakan anggaran yang ada.
e. DPR terpaksa menyetujui permintaan dana tambahan Rp 1 triliun bagi TNI dan POLRI.
7. Ketenangan menampilkan kemenangan. Itulah jiwa Yadi Wijono, pawang segala binatang buas di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta, ketika selasa 91/2) lalu melumpuhkan harimau gembong yang tiba-tiba mengamuk hendak menerkam pengunjung yang akan mengambil gambarnya. Dengan tenang, Yadi yang kepalanya bersimbah darah setelah dicakar, bergulat dengan sang harimau. Dengan pukulan-pukulan tepat dan telak, harimau terbesar yang dimiliki Gembira Loka itu pun lunglai dan hanya duduk dengan lidah menjulur keluar.
Konsep dasar pemikiran yang terdapat pada wacana di atas adalah ….
a. ketenangan jiwa dimiliki oleh Yardi Wijono
b. ketenangan menampilkan kemenangan
c. yardi Wijono mampu melumpuhkan harimau gembong
d. dengan pukulan telak dan tepat harimau itu lunglai
e. harimau gembong mengamuk karena pengunjung
8. Pihak pengacara terdakwa akhirnya mengajukan kasasi kepada Mahkamah Agung.
Istilah kasasi berarti ….
a. terdakwa menyetujui vonis yang dijatuhkan hakim
b. keberatan terdakwa agar hakim berlaku adil
c. pembatalan atau pernyataan tidak sah
d. persetujuan pihak pengacara atau vonis hakim
9. Guru membacakan sebuah cerpen untuk siswa
Makna imbuhan meN-kan pada membacakan, sama dengan makna meN-kan yang terdapat pada kalimat ….
a. Anak kecil melemparkan batu ke halaman.
b. Ibu memebesarkan hati anaknya agar tidak sedih.
c. Polisi membubarkan para demonstran dengan gas air mata.
d. Ayah meninggikan lampu kamar tamu tadi pagi.
e. Kakak membelikan sebuah sepeda mini untuk adik.
10. Mereka berkumpul di perapian pada saat udara dingin mulai menyelimuti malam. Makna per-an pada kata perapian dalam kalimat di atas menyatakan ….
a. tempat
b. yang di …
c. peristiwa sendiri
d. memiliki sifat
e. hasil perbuatan
11. Di antara kalimat berikut, kalimat yang mengandung kata berimbuhan peN-an yang bermakna ganda adalah …
a. Pembacaan pembukaan UUD 45 dilakukan dengan hati-hati olehnya.
b. Penggorengan itu khusus untuk menggoreng lauk.
c. Penyelidikan kasus narkoba itu sedang ditangani polisi
d. Pemandian itu ramai dikunjungi orang
e. Pemandangan di pegunungan itu tidak tampak indah.
12. Penggunaan imbuhan serapan yang tepat terdapat dalam kalimat …
a. Secara struktur, analisis itu belum tepat dan diragukan.
b. Kita harus merealisasikan rencana itu.
c. Dalam seminar ini kami menghadikan seorang ilmiawan terkebanl.
d. Sistematisme pendidikan harus disesuaikan tuntutan zaman
e. Sikap emosionil tidak akan menjamin penyelesaian masalah.
13. Penulisan gabungan kata yang tepat terdapat dalam kalimat ….
a. Kakakku mahasiswa pasaca sarjana di UNJ.
b. Pertandingan basket antar-SMU akan diadakan
c. Kami memasuki wilayah anti rokok.
d. Penduduk non pribumi banyak di kota itu.
e. Saya mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di sekolah.
14. Perhatikan kalimat berikut ini
(1) Berjam-jam tukang kayu bekerja dengan tekunnya.
(2) Dipotongnya kayu itu untuk kuda-kudaan.
(3) Potongan kayu itu akan diletakkan di atas mobil-mobilan
(4) Dengan cat warna-warni dihiasinya rungan itu.
(5) Dengan mengangguk-anggukkan kepala tukang kayu menatap ruangan itu.
Kalimat ulang yang bermakna menyerupai terdapat dalam kalimat ….
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
e. (1) dan (5)
15. Penggunaan kata ulang yang tepat terdapat pada kalimat ….
a. Buku yang dipamerkan sangat bagus-bagus sehingga banyak pengunjung tertarik.
b. Banyak tamu-tamu yang menghadiri pesta pernikahan anak pengusaha itu
c. Mereka saling berpandang-pandangan sebelum memasuki ruangan pertunjukan itu.
d. Semua peraturan-peraturan yang berlaku di sekolah ini harus dipatuhi siswa.
e. Kita perlu mewaspadai gerak-gerik orang asing yang baru datang ke desa ini.
16. Kalimat yang menggunakan kata penghubung korelatif adalah ….
a. Hal ini dipaparkan lagi dengan fakta bahwa jakarta adalah kota berpolusi udara ketiga terburuk di dunia.
b. Setiap tahunnya kasus kebakaran hutan selalu menjadi isu penting baik bagi Indonesia sendiri maupun negara-negara tetangga.
c. Akibat kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan jadwal penerbangan terganggu
d. Berdasarkan hasil penelitian 43, 9 persen pelajar SLTP Jakarta pernah merokok dan 65,9 persen orang tuanya juga merokok.
e. Hal tersebut hendaknya dihindari agar kita smeua bebas dari polusi.
17. 1) beras merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. 2) Makanan pokok ini tidak cukup dari dalam negeri saja sehingga Indonesia harus mengimpor lagi dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. 3) Apabila Indonesia tidak mendatangkan lagi beras luar negeri, rakyat Indonesia akan sulit memenuhi kebutuhan pokoknya. 4) Biarpun harganya mahal, beras tetap dibeli oleh masyarakat Indonesia. 5) Harga beras yang mahal merupakan masalah besar bagi rakyat kecil di Indonesia.
Kalimat yang menggunakan kata penghubung antarklausa pada paragraf di atas adalah ….
a. 1 b.2 c.3 d.4 e.5
18. Kata penghubung syarat hasil terdapat pada kalimat….
a. Bekerja keras akan mendatangkan hasil maksimal.
b. Jika orang bekerja keras, orang tersebut akan mendapat hasil maksimal.
c. Petinju itu berlatih setiap hari sehingga ia menjadi juara.
d. Orang itu berusaha keras maka ia akan berhasil.
e. Polisi menegakkan hukum supaya keadilan tercapai.
19. Sebagai panglima dan pejuang Cut Nyak Dien tidak pernah gentar menghadapi lawan yang persenjataannya modern. Bagi pejuang ini hidup dan mati ada di tangan Allah.
Peribahasa yang sesuai untuk ilustrasi di atas adalah ….
a. Lebih baik mati berkalang tanah, daripada bercermin bangkai.
b. Perang bermalaikat, sabung berjuara.
c. Mati semut karena manisan.
d. Bagaikan jarum dalam jerami.
e. Sebelum ajal berpantang mati.
20. Aku berlepas tangan terhadap perkara yang kamu hadapi.
Ungkapan berlepas tangan sama maknanya dengan ungkapan dalam kalimat ….
a. Jangan lempar batu sembunyi tangan.
b. Pedagang kaki lima menutup mata terhadap peraturan pemerintah.
c. Mereka pasti akan cuci tangan terhadap kasus ini.
d. Jangan menutup hati terhadap permasalahan sosial.
e. Mereka angkat tangan terhadap perkara kami.
21. Majas pars pratoto terdapat pada kalimat ….
a. Kaum putri Indonesia setiap tanggal 21 April memperingati hari Kartini
b. Tidak banyak yang dapat kuberikan kepadamu harta tiada, ilmu pun tidak punya.
c. Setiap tahun semakin banyak mulut yang harus diberi makan di Indonesia
d. Silakan masuk ke dalam, kita akan berbincang-bincang tentang kampung kita.
e. Mereka naik kuda besi yang panjang ke Surabaya setelah itu naik bus ke Bali.
22. Pasangan kalimat yang menggunakan kata-kata yang berpolisemi ….
a. Tahu tempe adalah makanan yang bergizi.
Saya tahu bahwa setiap anak mmerlukan vitamin
b. Bang Bokir menjadi satpam di perumahan kami.
Direktur Bank Asih berasal dari Manado.
c. Kaki saya terluka terkena pecahan keca jendela.
Tukang kayu itu sedang mengecat kaki meja.
d. Nicky Astria terkenal sebagai penyanyi rock wanita
Pramuniaga Toko Citra menggunakan baju dan rock hotel
e. Para wartawan menunggu acara jumpa pers di lobi hotel.
Ibu menghidangkan manisan lobi-lobi untuk kudapat.
23. Pasangan kalimat berikut yang berhomograf adalah ….
a. Ayah dan ibu paling suka duduk di teras rumah.
Sekolah kami menyambut kedatangan pejabat teras Depdiknas
b. Ketika pergi ke luar kota, adik ditemani Bang Amir
Tante Nita bekerja di Bank Asia
c. Kali cicilwung sering meluap pada musim banjir.
Akalu ingin sembuh, minumlah obat tiga kali sehari.
d. Kepala sekolah membuka rapat dewan guru.
Karena kurang hati-hati, kepala adik tertimpa batu.
e. Orang sering menuntut hak dari pada kewajiban.
Kaki kakak sakit karena hak sepatunya ketinggian.
24. Perubahan makna meluas terdapat dalam kalimat …..
a. Saya mempunyai lima orang saudara kandung.
b. Panas hatiku mendengar kata-katanya yang pedas.
c. Warakwuri itu menerima penghargaan dari pemerintah.
d. “Selamat siang Saudara, ada yang perlu saya bantu?”
e. Seorang perawat harus sabar dan ramah kepada pasiennya.
25. Kalimat yang menggunakan frase ambigu adalah ….
a. Tono belajar dengan rajin di kamarnya yang baru.
b. Mahasiswa itu sedang mempelajari buku sejarah baru.
c. Pelajaran bahasa Indonesia sangat menarik untuk dikaji dengan serius.
d. Kami kedatangan guru baru yang berasal dari Banten.
e. Siswa baru di SMU terkenal itu memerangi narkoba.
26. Kalimat yang menggunakan frase atributif berimbuhan adalah ….
a. Dia tidak mau bertaggung jawab terhadap perbuatannya.
b. Pada saat lebaran, banyak anak berbaju baru.
c. Mutu pendidikan kita harus ditingkatkan.
d. Pembangunan jembatan ini telah berlangsung enam bulan.
e. Mereka kahirnya mau bertatap muka untuk berdialog.
27. Kita sebagai orang beriman, kita wajib menghormati orang tua di mana telah membesarkan kita.
Kalimat tersebut supaya logis, diubah menjadi ….
a. Orang beriman wajib menghormati orang tua yang membesarkan.
b. Sebagai orang beriman, kita wajib menghormati orang tua yang telah membesarkan kita.
c. Orang beriman pasti menghormati orang tua yang membesarkan.
d. Sebagai orang beriman pasti mengikuti petunjuk orang tua yang membesarkan mereka.
e. Sebagai orang yang beriman, kita berkewajiban menghormati orang tua yang mana membesarkan kita.
28. Kalimat berikut yang termasuk kalimat pasif adalah ….
a. Pembalap itu merajai lomba pada etape pertama.
b. Pembicara itu berceramah tentang refleksi diri.
c. Guru yang sedang berbicara itu seorang penulis cerita pendek.
d. Telah kukirim kembali buku itu kemarin kepada pemiliknya.
e. Diskusi yang sedang berlangsung membicaraan peningkatan etos kerja.
29. Guru berkata “ berikan uang ini kepada Susi!”
Kalimat tidak langsung dari kalimat di atas adalah ….
a. Guru berkata berikan uang ini kepada Susi
b. Berikan uang ini kepada Susi kata pak Guru.
c. Guru berkata bahwa ia harus memberikan uang kepada Susi.
d. Guru mengatakan bahaw asaya harus memberikan uang ini kepada Susi.
e. Guru mengatakan bahwa uang itu harus diserahkan kepada Susi.
30. 1) Pratomo : Kapak Wendar mengatakan kepadamu?
2) Ariati : Seminggu yang lalu.
3) Pratomo : Kuharap engkau tidak tersinggung. Kau dapat membayangkan
kedudukanku. Di pihakmu, aku suamimu. Di pihak ibu, aku anaknya. Tugas seorang anak.
4) Ariati : (memotong) Aku tahu perasaanmu, Mas. Tapi yang aku tidak
habis mengerti, emngapa ibu memfitnah. Mengapa ibu membenciku? Apa pernah kulakukan perbuatan yang tidak berkenan di hati beliau?
5) Pratomo : Mungkin dimata ibu engkau telah merebut aku dari kasih
sayangnya, dari hatinya. Itu saja ku kira.
Kalimat minor dalam dialog di atas adalah kalimat nomor ….
a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5)
31. (1) Kakakku berangkat ke bandung tadi pagi. (2) Ia bersama ayah naik kereta sore. (3) Ayah tersenyum ketika akan berangkat. (4) Aku membalas senyum dengan senyum juga. (5) Adik sedang tidur nyenyak ketika kakak dan ayah berangkat ke Bandung.
Kalimat yang berobjek terdapat pada nomor …
a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5)
32. Kalimat yang berpelengkap adalah ….
a. tetangganya berjualan bakso di Pasar Baru.
b. Banyak orang menyukai olah raga renang.
c. Semua siswa sedang belajar dengan tekun di kelas.
d. Adik menangis di pangkuan ibu.
e. Industri kecil ikut serta dalam pembangunan ekonomi.
33. Yang merupakan kalimat majemuk setara adalah ….
a. untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pemeirntah sedang merancang progra,m kurikulum berbasis kompetensi.
b. Lembaga pendidikan tenaga kerja siap pakai banyak diminati masyarakat.
c. Masyarakat yang mengerti akan pentingnya pendidikan pasti memaklumi program-program sekolah.
d. Peningkatan mutu pendidikan merupakan masalah penting saat ini sedangkan biaya untuk pendidikan sangat minim.
e. Karena biaya negara sangat terbatas, pemerintah menghimbau peran aktif masyarakat dalam masalah pendidikan.
34. Pasangan Asia tidak mampu menguasai pertandingan sejak set pertama menghadapi Kournikova dan Rubin.
Klausa bawahan ( anak kalimat) dari kalimat di atas adalah ….
a. pasangan asia tidak mampu menguasai pertadingan.
b. set pertama menghadapi Kournikova dan Rubin
c. sejak set pertama menghadapi Kournikova dan Rubin
d. tidak mampu menguasai pertandingan
e. pertama menghadapi lawannya itu.
35. Mereka sangat sedih ketika mendengar cerita duka yang menimpa saya.
Kalimat majemuk yang berpola sama dengan kalimat di atas adalah ….
a. Pelajar itu gugup sewaktu menjawab pertanyaan yang membingungkan dia.
b. Agroindustri membutuhkan lahan yang dapat meningkatkan produksi bahan baku.
c. Untuk meningkatkan produksi beras, pemerintah menyiapkan lahan sawah yang subur.
d. Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat membutuhkan persediaan pangan yang banyak.
e. Jika persediaan pangan tidak mencukupi, negara Indonesia terancam musibah kelaparan.
36. Kalimat berikut yang termasuk kalimat majemuk campuran ( setara dan bertingkat) adalah ….
a. Ketika banjir terjadi sore hari itu kami masih di hutan.
b. Altet yang mengonsumsi obat terlarang dijatuhi hukuman dan dilarang meneruskan pertandingan.
c. Dengan bangkitnya atlet-atlet daerah kegiatan olah raga semarak kembali.
d. Komunikasi lisan harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh setiap orang.
e. Kebersamaman antarawarga masyarakat dan kehidupan bertetangga harus ditingkatkan.
37. Dengan surat ini kami mengundang Saudara untuk menghadiri acara Temu Sastrawan yang akan dilaksanakan pada :
hari : Sabtu
tanggal : 26 Oktober 2002
waktu : pukul 10.000 s.d. 14.000
tempat : aula SMU 210
Jalan Merpati Putih 17 Jakarta.
……………………………
Kalimat penutup surat undangan tersebut yang tepat adalah ….
a. Atas kehadirannya diucapkan beribu-ribu terima kasih.
b. Atas partisipasi dan bantuan Saudara, kami ucapkan terima kasih.
c. Terima kasih banyak atas kesediaannya datang ke acara tersebut.
d. Demikianlah, harap maklum dan terima kasih adanya.
e. Atas perhatian Saudara, kami mengucapkan terima kasih.
38.
Dibutuhkan!
Sebuah perusahaan joint Venture
membutuhkan dengan segera
tenaga pembukuan
Syarat-syarat :
1. Sarjana Akuntansi/ Ekonomi,
2. pria/wanita umur 25-33 tahun,
3. berpengalaman minimal 2 tahun
4. melampirkan fotokopi ijazah sarjana , KTP, surat berkelakuakn baik, dan riwayat hidup.
Surat lamaran dikirim melalui :
Kotak pos No 707 JKT
Jakarta 12701
Selambat-lambatnya 7 hari setelah iklan ini dimuat.
Sumber : Kompas, 6 Juni 2002
Kalimat pembuka lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan di atas adalah …
a. Berdasarkan iklan yang dimuat pada harian umum Kompas, 6 Juni 2002, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan tersebut.
b. Memenuhi informasi lowongan pekerjaan yang dimuat dalam harian Kompas, 6 Juni 2002, saya akan melamar.
c. Berhubungan dengan iklan lowongan pekerjaan di Kompas, 6 Juni 2002 saya akan mengisinya.
d. Sesuai dengan informasi tentang belum terisinya lowongan kerja, untuk jabatan tenaga pembukuan, saya dnegan ini mau memenuhinya.
e. Seperti yang dimuat iklan di Kompas, 6 Juni 2002, bersama dengan ini saya akan melamarnya.
39. Bersama dengan surat ini,kami mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi kekosongan jabatan tenaga pembukuan di PT Adi Karsa.
Penggunaan kelompok kata bersama dengan surat ini pada penggalan surat lamaran pekerjaan di atas, tidak tepat, seharusnya kalimat tersebut diperbaiki menjadi ….
a. Dengan surat ini, kami mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi kekosongan jabatan tenaga pembukuan di PT Adi Karsa.
b. Melalui surat ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk memenuhi kekosongan jabatan tenaga kerja pembukuan di PT Adi Karsa.
c. Dalam surat ini kami mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi kekosongan jabatan tenaga kerja di PT Adi Karsa.
d. Bertepatan dengan surat ini, saya mengajukan lamaran ekerjaan untuk mengisi kekosongan tenaga pembukuan di PT Adi Karsa.
e. Sesuai dengan surat ini, kami mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi kekosongan jabatan tenaga kerja di PT Adi Karsa.
40. Penulisan alamat surat resmi yang benar adalah ….
a. Kepada :
Yth. Bapak Drs Sudiro
Motopraja 13579 A
Yogyakarta
b. Kepada Yth.
Bapak Sudiro
Motopraja 13579 A
Yogyakarta
c. Yth Drs. Sudiro
Motopraja 13579 A
Yogyakarta
d. Yth. Bapak Drs. Sudiro
Motopraja 13579 A
Yogyakarta
e. Kepada :
Yth. Drs. Sudiro
Motopraja 13579 A
Yogyakarta
41. Kepala bagian personalia mengharapkan setiap pegawai mengumpulkan daftar riwayat hidup. Melalui Kepala bagian Kepegawaian, ia menginstruksikan hal ini.
Kalimat isi memo yang tepat untuk kepala bagian kepegawaian adalah ….
a. Tolong, setiap pegawai membuat riwayat hidup untuk dikumpulkan!
b. Buatkan blangko riwayat hidup untuk setiap bagian kepegawaian dan edarkan!
c. Riwayat hidup setiap pegawai segera dikumpulkan ke bagian personalia!
d. Edarkan blangko riwayat hidup untuk setiap pegawai!
e. Buat surat edaran agar setiap pengawai mengumpulkan daftar riwayat hidup!
42. Kalimat poster berikut yang paling tepat digunakan untuk kampanye animerokok adalah ….
a. Jauhilah rokok!
b. Jangan merokok di sembarang tempat!
c. Matikan rokok atau rkok akan mematikan Anda!
d. Rokok dapat menyebabkan kanker.
e. Pemerintah melarang kita merokok.
43. Ada dua macam sarana pendidikan, yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Pendidikan formal memiliki standar kurikulum yang sudah ditentukan oleh pemerintah, seperti SD, SLTP, SMU/SMK dan lain sebagainya. Pendidikan nonformal yang lebih dikenal dengan pendidikan luar sekolah, seperti kursus-kursus, biasanya menyusun kurikulum sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan lembaga yang bersangkutan.
Paragraf tersebut menggunakan pola pengembangan eksposisi berjenis ….
A. analisis
B. perbandingan
C. naratif
D. rincian
E. klasifikasi
44. Kehidupan manusia sangatlah kompleks dan mutlidimensi. Pada satu sisi ia harus berorientasi duniawi, namun pada saat yang sama ia harus berorientasi ukhrawi. Kondisi ini mirip dengan situasi dan kondisi sebuah perusahaan. pada satu sisi ia harus memenuhi harapan konsumen dak karyawan, namun pada sisi lain ia harus memenuhi aspirasi pemiliki modal.
Paragraf di atas dikembangkan dengan pola ….
a. generalisiasi
b. proses
c. akibat-sebab
d. sebab-akibat
e. analogi
45. Pu : Siswa yang berdisiplin akan mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku
di sekolahnya.
PK : Yopi siswa berdisiplin
K : …..
Kesimpulan silogisme di atas yang tepat adalah ….
a. Yopi akan mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku di sekolahnya.
b. Yopi mematuhi peraturan sekolahnya karena ia siswa disiplin.
c. Yopi akan mematuhi peraturan-peraturan agar disiplin.
d. Yopi siswa disiplin maka ia mematuhi peraturan sekolahnya.
e. Yopi akan mematuhi peraturan sekolah agar ia disebut disiplin.
46. Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak.
Bagian karya tulis di atas terdapat pada bagian ….
a. saran
b. simpulan
c. isi
d. pendahuluan
e. kata pengantar
47. Saudara-saudara….pada peringatan Hari Anak Nasional ini, kami mengharapkan agar semua jajaran yang ada di kota ini ikut peduli terhadap hak anak. Anak tanpa bimbingan orang tua akan tumbuh menjadi liar dan pribadinya tak akan terbentuk dengan baik. Oleh karena itu, kami mengajak warga masyarakat, mulai dari tingkat keluarga, masyarakat, sekolah, dan lembaga-lembaga lainnya ambil bagian dalam memberdayakan potensi anak menjadi generasi yang siap bersaing di tingkat global.
Isi penggalan pidato di atas berupa ….
a. paparan
b. lukisan
c. alasan
d. imbauan
e. ulasan
48. (1) Bukan cuma pemerintah yang perlu berfikir tentang masalah pendididkan. (2) masyarakat pun diharapkan berperan serta. Karena, pendidikan adalah tanggung jawab kita semua. (4) Peningkatan keceradasan bangsa merupakan cita-cita bangsa. (5) Hal ini jelas terdapat dalam undang-undang negara kita.
Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah kalimat nomor ….
a. (1) b (2) c. 93) d. (4) e. (5)
49. Penulisan judul karya tulis yang benar adalah ….
a. Penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan Siswa SMU Jakarta
b. PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI KALANGAN SISWA SMU JAKARTA
c. Penggunaan bahasa Indonesia di kalangan siswa SMU Jakarta
d. Penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan siswa SMU JAKARTA
e. PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA di KALANGAN SISWA SMU JAKARTA
50. Penulisan kata serapan yang tepat terdapat pada kalimat ….
a. Projek pembangunan jalan itu akan dilaksanakan setelah anggaran RAPBN disusun
b. Kita harus mengikuti sistem yang berlaku sesuai dengan kebiasaan setempat.
c. Adik membeli obat di apotik yang dibuka selama dua puluh empat jam.
d. Kakak baru saja memperoleh ijazah sarjana dari universitas yang terkenal di kotaku.
e. Mintalah kwitansi pembelian barang sebagai bukti pembelian
51. a) Jududl buku : Perintis sastra
b) nama pengarang : Hooykaas
c) Kota tempat terbit : Jakarta
d) Penerbit : J.B. Wolters Groningen
e) Tahun terbit : 1951
Penulisan daftar pustaka yang benar berdasarkan data diatas adalah ….
a. Hooykaas. 1951. Perintis Sastera. Jakarta : J.B. Wolters Groningen.
b. Hooykaas,Perintis Sastera. J.B. Wolters Groningen.Jakrta : 1951.
c. Hooykaas, 1951. Perintis Sastera, J.B. Wolters Groningen. Jakarta.
d. Hooykaas: Perintis Sastera. Jakarta, J.B. Wolters Groningen.Jakarta. 1951.
e. Hooykaas: Jakrta, 1951. Perintis Sastera. J.B. Wolters Groningen.
52. Penulisan nama yang diikuti gelar akademis, yang benar adalah ….
a. M. Ali, SH. Bekerja di Pengadilan Tinggi Denpasar.
b. M. Ali. SH. Bekerja di Pengadilan Tinggi Denpasar.
c. M. Ali. S.H. Bekerja di Pengadilan Tinggi Denpasar.
d. M. Ali, S.H. Bekerja di Pengadilan Tinggi Denpasar.
e. M. Ali : S.H. Bekerja di Pengadilan Tinggi Denpasar.
53. Berbagai konflik terjadi dalam cerita ini. Dari alur cerita dan gaya penceritaannya, kita dapat melihat bahwa pengarang menggambarkan cerita tersebut sebagai suatu yang nyata dan pernah dialaminya. Para pembaca seakan-akan ikut merasakan kekejian yang dilakukan pihak Belanda kepada bangsa Indonesia. Tentunya hal tersebut tidak mengherankan karena pengarangnya juga seorang pejuang. Dalam novel ini pembaca akan mengenal rasa kejenakaan pengarang melalui tokoh-tokohnya serta pengertian yang tidak memihka dalam mengemukakan tanggapan-tanggapannya.
Unsur yang menonjol dalam penggalan resensi di atas adalah ….
a. kelemahan buku
b. tujuan pengarang buku
c. cerita ringkas
d. kesimpulan
e. keunggulan
54. Yang dinanti seorang istri dalam keadaan jengkel dan marah karena menunggu suami yang bertugas mengobati Pak Murad di kampung Sawah tidak kunjung pulang. Kemarahan isteri itu memuncak menjadi cemburu, setelah si isteri teringat bahwa Murni anak Pak Murad yang telah menjanda itu bekas pacar suaminya. Karena memuncaknya panas hati kecemburuan si isteri ia tidak melihat suaminya telah bersandar dalam keadaan lesu, pakaian lusuh dengan bekas-bekas darah pada muka dan tangananya. Setelah mendapat keterangan bahwa suaminya terseret banjir dan terpaksa berhari-hari di rumah penolongnya, barulah hilang rasa cemburu isterinya, dan ia merasa bersyukur karena suaminya selamat sampai di rumah.
Amanat dalam cerpen di atas adalah ….
a. Padamkan perasaan cemburu yang berkobar-kobar pada isteri.
b. Kekasih lama bisa mengobarkan rasa cinta yang mendalam.
c. Isteri yang curiga karena suami mengobati ayah bekas pacaranya.
d. Penderitaan suami akibat diterjang banjir.
e. Jangan mengedepankan api cemburu dalam menghadapi masalah.
55. Setelah tiga jam perjalanan dari desanya dengan mobil angkutan Colt sampailah ia di stasiun kecil itu. Jantungnya berdegup kencang. Tas plastik berisi pakaian itu dijinjingnya kuat-kuat. Ia mencuri pandang ke arah lelaki tua berkulit hitam yang ada di dekatnya. Tubuh lelaki itu kurus, namun kekar…
Berdasarkan penggalan cerpen di atas, sudut pandang yang digunakan dalam cerpen tersebut adalah ….
a. sudut pandnag orang pertama
b. sudut pandnag orang kedua
c. sudut pandnag orang ketiga
d. sudut pandnag campuran
e. sudut pandnag tak beraturan
56. SISWANDI : Kita telah tujuah bulan tinggal di daerah ini! (Sandjojo merasa
Juga waktu yanag telah lama itu)
SANJOJO : Kau tidak tahan lagi?
SISWADI : Tujuh bulan dengan tidak mendapatkan apa pu!
SANJOJO : Pada suatu hari kita akan mendapatkan, Sis (tidak peduli, terus mempermainkan pisau)
SISWADI : Sebutir miligram kita belum pernah menyetuhnya.
SANJOJO : (bangun terduduk, mata memandang dengan tajam) Pada suatu waktu kita akan mendapatkannya. Kita akan mendapat intan itu.
SISWADI :Pak Ngusman? Dua tahun ia tak melihat sebutir pun!
SANJOJO : Pk bangel kemarin dapatkan intan sebesar telur merpati. Untuk intan mentah itu ia dapatkan seratur ribu.
SISWADI : Tidak semua orang bernasib baik
SANJOJO : Sebaliknya tidak semua orang bernasib jelek
SISWADI : (pedih memikirkan temannya) Semua orang berpikir akan bernasib baik.
SANJOJO : Kan kudapatkan intan tiga kali lebih besar. Sengah juta akan kudapatkan. (Ia bangkit mendekati Siswadi) peristiwa itu akan terjadi. Bukan jumlah sedikit setenag juta. Sebelum kudapat intan itu, selamanya aku tinggal di sini.
SISWADI : Tiga hari lagi tidak ada lagi makanan (Sandjojo terdiam. Sesaat Siswadi terdiam, gemetar memandangi seperti tidak percaya. Makin dekat dan mantap).
Konflik yang terdapat dalam penggalan drama di atas adalah ….
a. Sulit mencari intan, sehingga Siswa merasa tak bisa
b. Makin banyaknya orang menemukan intan, sehingga Siswandi mau pulang saja.
c. Siswandi dan Sandjojo berbeda pandangan mengenai intan yang sedang mereka cari.
d. Ketidakberhasilan mendapatkan intan setelah pencarian selama tujuh bulan.
e. Siswandi tak percaya lagi kepada Sandjojo karena Sandjojo belum berhasil.
57. Kepada Hartono sudah dikatakan oleh Tini, dia hendak mengalahkan madunya. Memang Tini tidak senang mendengar kabar, Tono dengan perempuan lain. Di dalam hatinya dia belum hendak mengaku, sebenarnya dia cemburu, karena orang lain mendapat kasih sayang Tono. Bagaimanakah rupa perempuan itu, maka Tono tertarik. Perasaan marah dalam hatinya bercampur nafsu hendak tahu. Dengar di sini dengar di sana, banyak juga orang yang suka menceritakan padanya, bukan karena hendak menolong, bukan karena kasihan, melainkan karena suka dongeng. Orang kerap kali lupa, di samping surat kabar masih ada surat kabar yang tak tertulis, ialah mulut manusia, kabar angin; masih ada reporter macam lain, disampng reporter surat kabar, ialah reporter kabar angin.
(Belenggu: Amir Hamzah)
Pendeskripsian watak tokoh “Tini” dalam penggalan novel di atas ….
a. melalui dialog antartokoh
b. secara langsung
c. melalui pikiran tokoh
d. dengan menggambarkan fisik
e. melalui tanggapan tokoh lain
58. “Tabah, Anakku. Biarlah apa yang telah terjadi, terjadi sebagaimana adanya.”
Dituntutnya aku dan kubiarkan saja serentet nasihat lewt tak terdengar, meluncur dari sepasang bibirnya yang kering sebab semua itu memang pantas diucapkannya sebagai pemberi nasihat dan tukang doa profesional. Tiba-tiba aku tersenyum sendiri mengingat pikiran-pikiran serta keinginanku semakin kekcil. Dengan penuh kekaguman dan selalu dengan diam-diam selagi berdoa di gereja aku melihat pendeta ini berdiri dengan angker membentangkan tangannnya seolah-olah menyebar rahmat. Aku ingin menjadi pendeta seperti dia kelak, dekat dengan Tuhan dan masuk surga yang mewah, dengan sungai yang penuh susu dan madu serta bidadari yang cantik-cantik melebihi ibuku, kata nenek.
Nilai yang terkandung dalam kutipan cerpen di atas adalah nilai ….
a. budaya
b. sosial
c. moral
d. esetetika
e. agama
59. Setelah mendengar jawaban Landorundun itu, bendurana kecewa lalu pergi menanam pohok mangga dekat tempat Landorundun turun ke sungai mencuci rambutnya. Pohon mangga ini rupanya lain dari pohon mangga biasa sebab cepat sekali tumbuh dan berbuah. Ketika buah mangga itu sudah mulai masak, pergilah Bendurana ke puncak gunung, bersembunyi dan mengintip dari atas. Secara kebetulan pada waktu itu, Landorundun turun ke sungai akan mencuci rambutnya. Setelah itu, ia naik ke darat berjemur sambil menyisir rambutnya. Pada saat itu dia melihat mangga yang sudah masak tidak jauh dari tempat itu. Landorundun pergi menjolok sebuah, kemudian memakannya sambil berjemur diri dan bersisir. Ia segera turun dari puncak gunung lalu pura-pura menghitung mangga itu. Setelah itu, ia menyindir Landorundun, katanya, “Siapakah mengambil buah kesayanganku, menjolok, dan memakan mangga mansiku.”
Nilai yang terkandunh dalam karya sastra klasik di atas adalah ….
a. mengambil milik orang lain tanpa izin
b. merahasiakan perbuatan yang tidak baik
c. menanam pohon untuk dinikmati orang banyak
d. selalu menjaga kebersihan badan
e. suka menyidnir orang lain
60. Hamba Buruh
Aku menimbang-nimbang mungkin
kita berdua menjadi satu
gaji dihitung-hitung
cukup tidak untuk berdua
hati ingin sempurna dengan engkau
sama derita satu gembira
Kepala pusing meimbang-nimbang
Menghitung-hitung uang bagi kita
Aku ingin hidup damai tua
Mikir anak istri setia
Kalbu pecah merasa sesak
Hamba buruh apa dikata
( Armyn Pane)
Masalah yang diuangkapkan dalam puisi di atas adalah….
a. sosial dan pembangunan
b. sosial dan lingkungan
c. sosial dan pariwisata
d. sosial dan budaya
e. sosial dan ekonomi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar